Cerita Sahabat


Hai Sahabat Dari sekian teman dan sahabat, saya yakin  tentu Para Tamu istimewa memiliki satu atau beberapa teman istimewa. Istimewa dalam arti mungkin kesetiaannya, kejujurannya, kesabaran, suka menolong atau yang lainnya. Mudah-mudahan postingan kali ini bisa menjadikan motivasi bagi saya dan Anda untuk lebih mempererat dan lebih menghargai arti pertemanan dan persahabatan. Salam hangat jabat erat dariku.

Ubaid bin Umair pernah berkata :

Ada seseorang yang memiliki tiga teman istimewa. Sebagian dianggap lebih istimewa daripada yang lainnya. Pada suatu hari ia tertimpa suatu masalah, maka ia pun mendatangi  teman pertamanya yang dianggap paling  istimewa lalu berkata, “Wahai teman, saya sedang menghadapi masalah. Aku ingin kamu mau membantuku.” Teman pertama itu pun menjawab : “ Maaf, aku tidak bisa membantumu.”

Ia pun beranjak pergi menuju ke teman kedua yang dianggap lebih istimewa setelah teman pertamanya, lalu ia berkata, “Wahai teman, saya sedang menghadapi masalah. Aku ingin kamu sudi membantuku.” Teman keduanya menjawab, ”Baiklah, aku akan mengantarkanmu sampai ke tempat tujuan, tetapi  setelah itu aku akan pulang meninggalkanmu.”

Orang itupun pergi ke teman ketiga yang dianggap lebih istimewa  setelah teman keduanya, lalu ia berkata, “Wahai teman, saya sedang menghadapi masalah. Aku berharap kamu bisa membantuku.” Teman ketiganya menjawab, “ Baiklah, aku akan menemanimu ke manapun engkau pergi, dan aku akan ikut masuk kemanapun engkau masuk.”

Kemudian Ubaid berkata :

  • Teman pertama adalah perumpamaan bagi harta yang dimiliki seseorang yang sama sekali tidak mengikutinya saat ia meninggal dunia.
  • Teman kedua adalah keluarga dan kerabatnya, yang hanya mengantarkan sampai ke kuburnya lalu pulang meninggalkannya.
  • Sedangkan teman ketiga adalah Amal-amalnya yang akan selalu menyertainya kemanapun ia pergi dan kemanapaun ia masuk. ( Hilyatul Auliya, Abu Nu’aim al-Ashbahani.2/16-ar-risalah).

Bagi Sahabat mungkin mungkin cerita ini biasa saja. Akan tetapi kita akan benar-benar merasakan indahnya persahabatan jika di sertakan niat mencari keridaan Tuhan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s